3 comments on “JALUR PENDAFTARAN DAN PROSEDUR PENDAFTARAN CALON MAHASISWA BARU UIN SUNAN KALIJAGA

  1. Assalamu’alaikum. Alhamdulillah ana lulus pndidikan bhasa arab uin jogja jalur SPAN PTKIN
    tapi ana blum tau persyaratannya. Ana liat yg hanya ada jlur SNMPTN
    mhon bntuannya!

    • Selamat mas Insan Kamil telah di terima sebagai calon mahasiswa baru UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

      PENGUMUMAN
      Nomor: UIN.02/R/PP.01.3/1882.1/2015
      TENTANG
      KETENTUAN, PROSEDUR, DAN PERSYARATAN REGISTRASI BAGI CALON MAHASISWA BARU
      JALUR SELEKSI PRESTASI AKADEMIK NASIONAL PERGURUAN TINGGI KEAGAMAAN NEGERI (SPAN-PTKIN)
      UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA TAHUN AKADEMIK 2015/2016
      Diberitahukan kepada Calon Mahasiswa Baru UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Tahun Akademik 2015/2016 yang
      diterima melalui jalur Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri (SPAN-PTKIN)
      bahwa ketentuan, prosedur, dan persyaratan registrasi adalah sebagai berikut:
      I . KETENTUAN:
      A. Peserta yang diterima menyiapkan dokumen asli yang meliputi:
      1. Rapor semester I-V atau I-VII;
      2. Sertifikat (sesuai yang di-upload);
      3. Surat keterangan akreditasi sekolah;
      4. Surat keterangan/ijazah hafal Alquran (hifdzulqur’an) (sesuai yang di-upload);
      5. Slip gaji orang tua bagi pegawai swasta maupun negeri atau surat keterangan penghasilan orang
      tua yang disahkan oleh kepala desa/lurah;*)
      6. Kartu Keluarga;
      7. Rekening listrik bulan terakhir (atau surat keterangan tidak berlangganan listrik dari kepala
      desa/lurah);
      8. Pajak Bumi dan Bangunan tahun terakhir (atausurat keterangan tidak memiliki tanah atau rumah
      dari kepala desa/lurah).
      *) Apabila kedua orang tua bekerja, maka harus mempersiapkan slip gaji/surat keterangan
      penghasilan untuk keduanya (Bapak dan Ibu).
      B. Peserta melakukan pengisian data profil mahasiswa secara online melalui laman: admisi.uin-suka.ac.id
      pada tanggal 18-29 Mei 2015, login menggunakan nomor pendaftaran SPAN-PTKIN sebagai username
      dan tanggal lahir (dengan format: ddmmyyyy) sebagai password;
      C. Peserta yang diterima wajib melakukan verifikasi dokumen asli pada tanggal 3-16 Juni 2015 bertempat
      di Kantor Admisi. Sebelum melakukan verifikasi, peserta wajib mengambil nomor antrian melalui
      laman: reservation.uin-suka.ac.id (pengambilan nomor antrian melalui laman tersebut dibuka mulai
      tanggal 18-29 Mei 2015.
      D. Pengumuman pengelompokan Uang Kuliah Tunggal (UKT) melalui laman: admisi.uin-suka.ac.id pada
      tanggal 19 Juni 2015;
      E. Peserta wajib mengikuti Tes Kepribadian pada tanggal 23 Juni 2015, pukul 07.30 s.d. selesai bertempat
      di Gedung Multi Purpose. Calon mahasiswa yang tidak hadir DINYATAKAN MENGUNDURKAN DIRI.
      Pada saat tes kepribadian, peserta diwajibkan membawa pensil 2B dan alas untuk pengisian lembar
      jawab komputer.
      F. Peserta melakukan pembayaran biaya pendidikan pada tanggal 24-29 Juni 2015;
      G. Pembayaran dilakukan melalui: Bank Mandiri, BNI, BRI, BSM (dengan menunjukkan nomor
      pendaftaran SPAN-PTKIN);
      H. Warga Negara Asing yang belum menguasai bahasa Indonesia wajib mengikuti program matrikulasi.
      II . PERSYARATAN
      A. Kelengkapan Persyaratan Administrasi Registrasi:
      1. Fotokopi ijazah/STTB/SKL (Surat Keterangan Lulus) yang telah disahkan oleh kepala
      sekolah/madrasah;
      2. Fotokopi Akte Kelahiran/Kenal Lahir yang telah disahkan oleh pejabat yang berwenang;
      KEMENTERIAN AGAMA
      UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
      SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA
      Jl. Marsda Adisucipto Telp. (0274) 512474; 589621 Fax. (0274) 519661; 586117
      http://uin-suka.ac.id Yogyakarta 55281
      3. Warga Negara Indonesia Keturunan Asing wajib menyerahkan fotokopi Surat Bukti
      Kewarganegaraan Republik Indonesia (SBKRI) yang telah disahkan oleh yang berwenang dengan
      menunjukkan aslinya;
      4. Warga Negara Asing wajib menyerahkan fotokopi paspor dan surat izin Direktur Jenderal
      Pendidikan Islam Kementerian Agama RI/Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Riset,
      Teknologi dan Pendidikan Tinggi;
      5. Surat Keterangan Berkelakuan Baik dari kepala sekolah;
      6. Menyerahkan salinan resmi (slip pembayaran) atau fotokopi bukti pembayaran biaya pendidikan
      (bagi yang membayar melalui ATM, Internet Banking atau SMS Banking);
      7. Calon mahasiswa yang telah bekerja menyerahkan surat ijin belajar dari pimpinan instansi tempat
      bekerja;
      8. Surat Keterangan Berbadan Sehat dari Dokter Poliklinik UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta (Poliklinik
      UIN SUKA Yogyakarta akan melayani tes kesehatan tanggal 24 – 30 Juni 2015);
      9. Melakukan pengisian Data Pribadi Mahasiswa (DPM) secara online melalui laman akademik.uinsuka.ac.id
      (pada tanggal 24 – 30 Juni 2015) (login menggunakan NIM dan Password yang
      tercantum pada bukti pembayaran biaya pendidikan dari Bank).
      10.Amplop putih ukuran 10,5 x 23 cm berperangko;
      11.Surat pernyataan kesanggupan menaati semua peraturan/Kode Etik Mahasiswa (formulir kode etik
      akan diperoleh calon mahasiswa ketika telah selesai melakukan pengisian DPM secara online) yang
      harus ditandatangani oleh calon mahasiswa di atas meterai Rp. 6.000,- (enam ribu rupiah) yang
      disediakan oleh mahasiswa.
      B. Waktu dan Prosedur Penyerahan Kelengkapan Persyaratan Administrasi Registrasi
      1. Seluruh berkas kelengkapan persyaratan administrasi registrasi dimasukkan ke dalam stofmap
      berwarna :
      a. Kuning : Fakultas Adab dan Ilmu Budaya
      b. Merah : Fakultas Dakwah dan Komunikasi
      c. Abu-abu : Fakultas Syari’ah dan Hukum
      d. Hijau : Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
      e. Biru : Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam
      h. Biru Muda : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam
      2. Seluruh calon mahasiswa baru wajib datang sendiri menyerahkan berkas kelengkapan persyaratan
      administrasi registrasi langsung kepada Panitia Registrasi Mahasiswa Baru/Bagian Akademik Biro
      AAKK di Kampus UIN Sunan Kalijaga yogyakarta (sekaligus untuk pengambilan foto KTM dan sidik
      jari) pada tanggal 25 s.d. 30 Juni 2015 di : Loket Registrasi, Gedung PTIPD (PKSI) Barat, Kampus UIN
      Sunan Kalijaga Yogyakarta. Sebelum melakukan registrasi, calon mahasiswa wajib mengambil
      nomor antrian melalui laman: reservation.uin-suka.ac.id (pengambilan nomor antrian melalui
      laman tersebut dapat dibuka tanggal 24-30 Juni 2015).
      III . LAIN-LAIN
      1. Semua biaya yang telah dibayarkan tidak dapat ditarik kembali;
      2. Apabila tidak mengikuti verifikasi dan validasi data pada tanggal 1-16 Juni 2015, serta Tes Kepribadian
      pada tanggal 23 Juni 2015 dan/atau tidak melakukan Pembayaran Biaya Pendidikan s.d. tanggal 29
      Juni 2015 dan/atau tidak menyerahkan Kelengkapan Persyaratan Administrasi Registrasi s.d. tanggal
      30 Juni 2015, maka calon mahasiswa yang bersangkutan DINYATAKAN MENGUNDURKAN DIRI.
      3. Tidak ada dispensasi dalam bentuk apa pun.

      • syukran ya akhi. kalau ingin mengurus bidikmisi atau bantuan dana lainnya bagaimana caranya?

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s